Breaking News

MAKANAN KHAS ITALIA TERLEZAT

Anda suka makan pizza? Tidak hanya pizza, Italia mempunyai banyak makanan lezat yang dijamin memuaskan perut dan lidah. Inilah makanan paling enak di Italia!

Di Italia terdiri dari hidangan pembuka (antipasto), hidangan utama (primo), dan hidangan penutup (dolce); berikut ini daftar kuliner khas Italia yang terkenal enak dan layak kamu coba!

Hidangan Pembuka:

Bruschetta

Sebagai hidangan pembuka, bruschetta sangat terkenal dan paling diminati di Italia. Terdiri dari roti panggang yang dimasak dengan bawang putih dan diberi taburan minyak zaitun, garam, serta merica. Hidangan lezat ini juga disajikan dengan tambahan tomat, sayuran, kacang-kacangan, daging ayam, dan keju.

Salami

Selain bruschetta, orang Italia juga mengenal salami sebagai hidangan pembuka. Makanan berupa sosis yang terbuat dari campuran daging sapi dan babi ini di bumbui dengan bermacam rempah-rempah. Berukuran sedikit lebih kecil dari daging asap, salami punya warna coklat kemerahan dengan bintik-bintik lemak berwarna putih.


Gnocchi


Makanan khas Negara Italia yang pertama adalah Gnocchi. Gnocchi sendiri merupakan makanan khas Italia yang banyak diminati setiap orang yang pernah mencobanya. Makanan khas Italia yang satu ini merupakan makanan sejenis pangsit yang terbuat dari tepung terigu. Agar terlihat lebih menarik hati oara pecinta kuliner, makanan khas yang satu ini disajikan dalam bermacam rasa dan juga gaya.


Hidangan Utama:
Spaghetti

Spaghetti adalah sejenis pasta berbentuk silinder, tipis, dan panjang, berasal dari daerah Sisilia. Spaghetti terbuat dari semolina atau tepung dan air. Spaghetti Italia terbuat dari gandum khusus yang disebut dengan nama "semolina". Berdasarkan takaran tradisional, spaghetti harus memiliki panjang 50 cm. Ada berbagai jenis spaghetti, salah satunya adalah Spaghetti alla Carbonara yang dimasak bersama sejumlah besar bawang putih dan minyak zaitun, dan disajikan dengan saus tomat, daging dan saus khas Italia lainnya.




Tortellin


Tortellini adalah pasta berbentuk cincin dan memiliki bentuk menyerupai pusar, sehingga nama lain dari makanan ini adalah "Ombelico" yang berarti pusar. Tortellini biasanya diisi dengan campuran daging panggang atau keju. Berasal dari wilayah Italia di distrik Emilia (khususnya daerah Bologna dan Modena), masakan ini biasanya disajikan dalam kaldu daging yang kental. Tortellini saat ini sudah sangat populer dan bisa ditemukan di berbagai restoran di seluruh dunia.



Lasagna


Lasagna merupakan salah satu menu makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu yang biasanya di dalamnya diisi dengan keju, daging, sosis, mozzarella, sayuran, makanan laut, dan masih banyak lagi. Komponen yang membuat makanan khas Italia ini menjadi begitu terkenal adalah sausnya yang khas sehingga membuat cita rasa dari makanan ini sangatlah khas.




Pizza

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama Pizza ini, terutama para remaja dan kawula muda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Pizza ini. Makanan yang biasa disebut "martabaknya Negara Italia" ini sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia, termasuk ke berbagai kota-kota besar di negeri kita ini Indonesia.

Pizza adalah sejenis roti bundar, pipih yang dipanggang di oven khusus dan biasanya disiram saus tomat serta keju dengan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih sesuai selera. Keju yang dipakai pada Pizza ini biasanya Keju Mozzarella atau "Keju Pizza". Jenis makanan lain dapat ditaruh di atas pizza, biasanya Daging dan Saus, seperti Salami dan Pepperoni, Ham, Bacon, buah-buahan seperti Nanas dan Zaitun, sayuran seperti Cabe dan Paprika, dan juga Bawang Bombay, Jamur dan lain lain.

Risotto

Berbahan dasar beras, risotto awalnya berasal dari daerah Piedmont, dimana tanaman padi tumbuh subur di sana. Bahan dasar yang digunakan adalah bawang putih dan anggur, sedangkan bahan tambahannya bisa bermacam-macam. Berbagai jenis sayuran, daging, dan keju jadi pelengkap dalam hidangan ini.


Chicken Parmigiana


Hidangan ayam yang sering disebut “Parmi” atau “Parma” ini berasal dari daerah Parmigiana. Terdiri dari dada ayam yang dilapisi tepung roti, hidangan ini disajikan dengan saus Neapolitan yang terbuat dari tomat dan keju. Biasa disajikan dengan keripik kentang dan salad, Chicken Parmigiana punya rasa yang sangat khas.


Panini

Panini adalah sebutan lain untuk sandwich yang terbuat dari roti (tramezzino). Jenis roti yang biasa digunakan adalah ciabatta, rosetta, dan baguette. Roti akan diisi dengan daging asap, ham, dan keju.

Ravioli 



Ravioli merupakan salah satu makanan khas Negara Italia yang tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar. Yap, makanan khas Italia yang satu ini terbuat dari ayam dan tak lupa pula ricottanya. Makanan khas Italia ini biasanya dihidangkan dalam porsi kecil, sehingga cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet.


Pasta Carbonara


Makanan Italia yang selanjutnya adalah Pasta Carbonara. Pasta Carbonara merupakan salah satu menu makanan yang memiliki ciri-ciri krim kental yang membuat pasta ini memiliki rasa yang khas. Meski banyak sekali berbagai restoran di dunia yang menyajikan makanan khas Italia yang satu ini, namun banyak yang sudah mengalami perubahan pada resepnya. Jadi kalau alangkah lebih baiknya jika kamu sedang berlibur ke Italia, kamu harus mencoba langsung makanan khas Italia yang satu ini.


Linguine Alle Vongole 


Makanan khas Italia yang selanjutnya adalah Linguine Alle Vongole. Linguine ini merupakan sejenis pasta yang hampir mirip dengan spaghetti. Menu makanan yang satu ini terbuat dari pasta atau mie khusus yang diberi saus dari campuran kerang dan bumbu khusus sehingga membuat makanan ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan lezat tentunya.


Fettucini Alfredo


Fettucini Alfredo merupakan salah satu jenis makanan pasta yang dihidangkan dengan tambahan saus krim sehingga membuat makanan ini berwarna putih. Ciri khas yang membedakan menu makanan yang satu ini dengan spaghetti adalah dapat dilihat dari ukuran pastanya yang lebih lebar, jika di Indonesia mungkin kita mengenalnya dengan kue tiaw. Selain itu, saus yang digunakannya pun relatif beda. Jika Spaghetti biasanya memiliki saus yang berbahan dasar tomat, namun Fettucini Alfredo ini memiliki saus yang terbuat dari krim. Namun kedua makanan ini sama-sama memiliki rasa yang sangat enak.



Veal Marsala


Makanan khas Italia yang selanjutnya adalah Veal Marsala. Veal Marsala merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar daging sapi atau daging ayam. Marsala ini merupakan saus anggur khas Italia yang telah dicampur dengan jamur dan daun bawang. Daging yang digunakan untuk membuat Veal Marsala ini pun tidak sembarangan daging, namun daging yang digunakan adalah daging sirloin yang lembut.


Pasta Primavera


Pasta Primavera merupakan salah satu menu makanan yang sangat cocok bagi kamu yang vegetarian. Menu makanan yang satu ini dibuat dengan mengkombinasikan sayuran segar dengan pasta dan tak lupa tambahan saus berwarna cerah layaknya suasana di musim semi. Jangan khawatir soal rasa, makanan ini dijamin akan membuat kamu ketagihan ketika kamu mencicipinya.

Shrimp Fra Diavolo


Makanan khas Italia yang tak kalah enak adalah Shrimp Fra Diavolo. Menu makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar udang yang dimasak dengan menggunakan campuran pasta serta saus dengan merica dan bawang putih sebagai bumbu tambahannya.


Penne Alla Vodka


Penne alla Vodka merupakan salah satu makanan khas Italia yang terbuat dari pasta dengan krim kental dan tambahan bawang, tomat, daging atau sosis. Saus yang sering digunakan dalam masakan ini biasanya terbuat dari krim, marinara, vodka, dan kemangi. Meskipun namanya saus tetapi saus yang satu ini tidak berasa pedas, rasa yang dominan pada saus vodka ini yakni gurih.


Hidangan Penutup:


Panna Cotta


Hidangan penutup ini terbuat dari krim, susu, gula, dan gelatin yang dididihkan dalam keadaan dingin. Panna Cotta disajikan dengan buah-buahan seperti ceri, karamel, saus cokelat, dan buah coulis. Hidangan yang terbuat dari krim sangat manis ini tepat untuk menutup makan malammu yang sempurna.


Tiramisu



Sama seperti Panna Cotta, Tiramisu merupakan hidangan penutup yang dikenal dengan cita rasa kopinya. Tiramisu terbuat dari kue berbentuk jari yang dicelupkan dalam kopi. Selain dibuat berlapis, dicampurkan pula kuning telur, putih telur, gula, keju mascarpone, dan dibumbui dengan bubuk coklat.


Gelato



Makanan berupa es krim ini sedikit berbeda dari es krim pada umumnya. Teksturnya lebih padat dan diolah dengan proses khusus sehingga perkara rasa tak perlu diragukan lagi. Gelato biasanya disajikan dengan bahan campuran seperti biskuit, buah-buahan, dan berbagai jenis kacang.


nah itu lah deretan makanan khas italia terlezat, untuk resep makanan diatas bisa buka di tag resep internasional ya sahabat dapur sarjana. Nah, mana nih menu makanan favorit mu guys? Bagi yang muslim, pilih-pilih yang pasti halal yaa.. Sampai jumpa kembali di artikel selanjunya




Salam,

Ruang Wanita

No comments