Breaking News

18 Manfaat Berciuman yang Baik untuk Kesehatan Tubuh



Berciuman merupakan salah satu aktivitas intim yang paling disukai pasangan mana pun. Selain menambah kemesraan di antara kamu dan dia, berciuman memiliki fakta dan manfaat kesehatan yang luar biasa! Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa stres, hingga memperpanjang usia pasangan! Dilansir dari The List,

Kenapa kau harus mengerut

Apakah ciuman berkurang dalam hubungan Anda? Apakah Anda lebih menyukai "ciuman udara" daripada tipe "ciuman sebenarnya" saat menyapa teman-teman Anda? Apakah Anda merasa ngeri ketika melihat bibi Anda datang untuk ciuman besar di acara keluarga? Mungkin sudah waktunya untuk mengerut!

Ternyata ciuman itu - bahkan keluarga dan teman-teman Anda - memiliki banyak manfaat mental dan fisik yang membuat Anda berciuman sangat berharga. Inilah yang dikatakan sains.

1. Meningkatkan sistem imun

Menurut penelitian dari Netherland Organisation for Applied Scientific Research, berciuman selama 10 detik dapat memindahkan sebanyak 80 juta bakteria antara kamu dan pasanganmu. “Mendapatkan bakteri dari pasangan menjadikan tubuhmu menghasilkan antibodi, yang kemudian berubah menjadi imunitas dan mencegah penyakit.” ujar Dr. Yael Varnado, pendiri Get Checked 4 Life.
Bertukar ludah dapat meningkatkan kekebalan Anda dengan memaparkan Anda pada kuman baru yang memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Satu studi 2014 menemukan bahwa pasangan yang mencium sering berbagi mikrobiota yang sama dalam air liur dan lidah mereka.

2. Meningkatkan kesehatan gigi


Ahli Estetik dan Dentistry umum di Amerika, Dr. Sivan Finkel mengatakan bahawa produksi air liur yang dipicu karena berciuman dapat bermanfaat untuk kesehatan oral. Sebab air liur membantu memperlambat keasaman pada area mulut. Tapi, ia menyarankan agar berciumanlah dengan pasangan yang menjaga kesehatan mulutnya juga.
Berciuman merangsang kelenjar air liur Anda – yang meningkatkan produksi air liur. Air liur melumasi mulut Anda, membantu menelan, dan membantu menjaga sisa-sisa makanan menempel ke gigi Anda, yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang.

3. Merilis hormon bahagia


Berciuman membuat otak dipenuhi dengan hormon oksitosin dan dopamine. Keduanya merupakan hormon yang dapat membuatmu merasa lebih bahagia, lebih intim dengan pasangan, dan lebih nyaman.  Hormon dopamine juga dikenal dapat mengelola mood, perilaku, tidur, kognitif, dan kreativitas kita. Wow!
Zat kimia ini termasuk oksitosin, dopamin, dan serotonin, yang dapat membuat Anda merasa euforia dan mendorong perasaan kasih sayang dan ikatan. Ini juga menurunkan kadar kortisol (hormon stres) Anda.

4. Memperpanjang usia pria


Sekelompok fisikawan dan psikologist Jerman yang dipimpin oleh Dr. Arthur Szabo melakukan riset dan menemukan bahwa pria yang mencium pasangannya setiap pagi memiliki usia yang lebih panjang, sekitar 5 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang nggak melakukannya. Apakah hal yang sama berlaku untuk perempuan? Sayangnya nggak disebutkan dalam penelitian itu, Bela.

5. Merendahkan tekanan darah dan kolestrol


Penulis buku Andréa Demirjian mengatakan bahwa berciuman dengan penuh gairah dapat meningkatkan detak jantung yang membantu merendahkan tekanan darah. Studi lain juga menemukan bahwa berciuman dapat mengurangi kortisol, hormon yang berkaitan dengan berat badan, tekanan darah tinggi, dan kolestrol tinggi.
Satu studi 2009 menemukan bahwa pasangan yang meningkatkan frekuensi ciuman romantis mengalami peningkatan dalam total kolesterol serum mereka. Menjaga kolesterol Anda tetap rendah menurunkan risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan stroke.

6. Menghilangkan garis halus dan keriput di wajah


Fakta dari the American Journal of Medicine Blog ini, berciuman melibatkan sekitar 30 otot wajah dan 112 otot postural. Lebih jauh lagi, berciuman dapat membantu menghilangkan garis halus dan keriput, mengencangkan otot di wajah dan rahang, dan meningkatkan sirkulasi pada wajah. Hasilnya, kamu akan mendapatkan efek glow yang natural. Bisa jadi tips cantik nih!

7. Meredakan stres


Obat stres yang paling mudah adalah berciuman. Jeannie Assimos, Chief of Advice di eHarmony memberitahukan hasil salah satu penelitian di tahun 2009 mengenai berciuman. Dalam studi disebutkan bahwa responden yang berciuman dengan pasangannya memiliki stres yang lebih rendah, kolestrol yang berkurang, dan hubungan yang lebih puas.
Wah, nggak disangka bukan? Berciuman dengan pasangan memberikan sejuta manfaat kesehatan untuk tubuh dan pikiran kita. Jadi, jangan ragu melakukan kegiatan intim ini bersama pasangan ya!
Berbicara tentang kortisol, berciuman juga menurunkan kadar kortisol dan stres. Berciuman dan komunikasi penuh kasih sayang lainnya, seperti berpelukan dan berkata "Aku mencintaimu," berdampak pada proses fisiologis yang berkaitan dengan manajemen stres.
8. Yang membantu Anda menjalin ikatan dengan orang lain

Oksitosin adalah bahan kimia yang terkait dengan ikatan pasangan. Aliran oksitosin dilepaskan ketika Anda berciuman menyebabkan perasaan kasih sayang dan kemelekatan. Mencium pasangan Anda dapat meningkatkan kepuasan hubungan dan mungkin sangat penting dalam hubungan jangka panjang.

9. Dan memiliki dampak nyata pada harga diri Anda

Selain meningkatkan hormon bahagia Anda, berciuman dapat mengurangi kadar kortisol Anda - berpotensi meningkatkan perasaan harga diri Anda. Para peneliti dalam satu studi 2016 menemukan bahwa peserta yang tidak bahagia dengan penampilan fisik mereka memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, mengalami penurunan kortisol sementara setiap kali Anda berciuman bukanlah cara yang buruk untuk menghabiskan waktu.

11. Dan mengurangi kecemasan

Manajemen stres mencakup seberapa baik Anda menangani stres dan kecemasan. Tidak ada yang seperti ciuman dan kasih sayang untuk membantu menenangkan Anda. Oksitosin mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi dan kesehatan.

12. Ini melebarkan pembuluh darah Anda, yang membantu mengurangi tekanan darah Anda

Siapa sangka, salah satu manfaat ciuman bibir bagi kesehatan adalah mampu mengurangi tekanan darah. Berciuman meningkatkan detak jantung Anda dengan cara melebarkan pembuluh darah, menurut Andrea Demirjian, penulis buku, “Kissing: Segala Sesuatu yang Anda Inginkan Kenali Tentang Salah Satu Kenikmatan Terindah dalam Kehidupan.”
Ketika pembuluh darah Anda membesar, aliran darah meningkat dan menyebabkan penurunan tekanan darah. Jadi cium bibir itu baik untuk hati, secara harfiah dan metaforis!

13. Membantu meredakan kram

Pengaruh pembuluh darah yang melebar dan peningkatan aliran darah dapat membantu meringankan kram – dorongan dalam bahan kimia yang terasa baik dan lega dari periode kram? Membuat ciuman Anda saat Anda berada dalam pergolakan periode yang buruk mungkin saja sepadan. Maka dari itu, jangan segan untuk mengambil manfaat ciuman bibir bagi kesehatan ini, yaitu untuk meredakan kram.
14. Dan menenangkan sakit kepala

Cium "tidak malam ini sayang, aku sakit kepala" pamit. Bahwa pelebaran pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah juga bisa meredakan sakit kepala. Berciuman juga dapat membantu Anda mencegah sakit kepala dengan menurunkan stres, yang dikenal sebagai pemicu sakit kepala.

15. Mengurangi respons alergi

Manfaat ciuman bibir bagi kesehatan selanjutnya adalah mengurangi respon alergi. Telah terbukti memberikan bantuan yang signifikan dari gatal-gatal dan tanda-tanda lain dari reaksi alergi yang terkait dengan serbuk sari dan tungau debu rumah tangga. Stres juga memperburuk reaksi alergi, jadi efek ciuman pada stres juga dapat mengurangi respons alergi seperti itu.
16. Dan mencium pasangan romantis meningkatkan gairah seks Anda

Ciuman romantis menyebabkan gairah seksual dan seringkali menjadi kekuatan pendorong di balik keputusan seorang wanita untuk berhubungan seks dengan seseorang. Air liur juga mengandung testosteron - hormon seks yang berperan dalam gairah seksual. Semakin lama dan semakin bersemangat Anda berciuman, semakin banyak testosteron dilepaskan.


17. Semakin Anda mencium, semakin Anda mengencangkan dan mengencangkan otot wajah Anda

Tindakan berciuman bisa melibatkan 2 hingga 34 otot wajah. Berciuman sesering mungkin dan menggunakan otot-otot ini pada tindakan rutin seperti latihan untuk wajah Anda - dan leher jika Anda benar-benar menyukainya!
Ini dapat membantu mengencangkan otot wajah Anda. Melatih otot-otot wajah Anda juga dapat meningkatkan produksi kolagen, yang berkontribusi pada kulit yang lebih kencang dan tampak lebih muda.


18. Bahkan membakar kalori

Menggunakan otot-otot wajah juga membakar kalori. Anda dapat membakar 2 hingga 26 kalori per menit tergantung pada seberapa kuat Anda berciuman. Ini mungkin bukan rezim latihan terbaik jika Anda mencoba menurunkan berat badan, tetapi itu pasti mengalahkan keringat pada pelatih elips!

Kesimpulannya:
Berciuman, terlepas dari siapa pun Anda berciuman, dapat berdampak positif pada kesejahteraan emosional dan fisik Anda.
Berciuman membuat kedua belah pihak merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan dapat membantu memperkuat hubungan dari semua jenis, jadi cium dan cium sering. Itu bagus untuk Anda!

Referensi:
doktersehat.com


Salam,

Ruang Wanita

1 comment: