Breaking News

Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Namun Terasa Luas dan Membuat Nyaman, KEREN PARAH!


Kamar adalah salah satu ruangan terfavorit karena kamar adalah tempat istirahat kita, dan kamar itu ruangan ternyaman dalam melakukan kegiatan pribadi. Maka sebuah kamar tidur harus memiliki suasana yang nyaman dan penuh privasi agar penghuninya bisa beristirahat dengan tenang. Selama ini banyak orang menganggap kalau kamar yang nyaman itu adalah kamar yang besar karena bisa menampung banyak furnitur pendukung dan dekorasi. Padahal, kamar tidur sempit juga bisa dibuat nyaman asalkan kamu tahu cara menghias kamar tidur yang sempit tersebut. 
Nah ada juga nih kebanyakan kasus yang membangun rumah di lahan terbatas perkotaan atau tinggal di apartemen, membuat Anda harus memikirkan matang-matang bagaimana cara memaksimalkan sudut di setiap rumah, terutama ruang aktivitas keluarga. Meskipun setiap ruangan telah dioptimalisasi, kemungkinan memiliki kamar tidur yang luas dan megah tampaknya hanya akan jadi angan-angan dan Anda harus bersedia untuk memiliki kamar tidur sederhana. 
Bagi kamu yang memiliki kamar tidur sempit dan bingung bagaimana harus menghiasnya, kuy simak blog "Dapur Sarjana" cara menghias kamar tidur yang sempit.
1. Cara menghias kamar tidur yang sempit memakai warna cerah
Penggunaan warna-warna cerah terbukti dapat membuat kamar yang sempit terlihat lebih luas dan tidak sumpek. Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan warna cerah ini sangat mudah. Bisa tuh kalian coba tips ini, karena mimin pernah cat kamar mimin dengan warna yang tidak cerah memang terlihat sempit gengs.

Kamu bisa menggunakan warna cerah seperti putih, kuning, pink, atau biru muda pada bagian dinding, lantai, beberapa furnitur, bahkan untuk selimut atau sprei. Bahkan, kamu bisa mengaplikasikannya lewat warna cat kamar lho!
2. Memanfaatkan penerangan alami dan buatan
Selain memanfaatkan warna-warna cerah di dalam kamar sempit, kamu bisa menerapkan cara menghias kamar tidur yang sempit menggunakan penerangan. Cara menghias kamar tidur yang sempit ini bisa diterapkan dengan memanfaatkan sinar matahari yang masuk melalui jendela.

Selain kamar terlihat lebih terang, sinar matahari ini bisa membuat kuman-kuman menghilangdan kamar tidur terhindar dari kelembapan. Jika kamar tidur tidak memiliki jendela, kamu bisa menggunakan beberapa lampu yang sifatnya indirect alias nggak menyorot secara langsungSelain terlihat lebih terang, pencahayaan indirect ini bisa membuat tidurmu lebih nyaman karena cahayanya lembut.
3. Dekor seminimalis mungkin
Dengan menata kamar tidur minimalis dan sederhana dengan jumlah aksesori interior dan furnitur yang secukupnya, Anda dapat memaksimalkan area kamar tidur untuk relaksasi tanpa rasa sesak. Anda bisa aplikasikan desain bedhead memanjang hingga menyentuh area endtable sehingga hadirkan kesan ranjang yang seamless.

Saat merancang atau mendekor kamar tidur, bayangkan apa saja aktivitas Anda atau pasangan, jika sudah menikah. Kurasi furnitur sesuai kebutuhan. Misalnya, apakah tetap perlu meja kerja di kamar, sedangkan Anda punya study room khusus? Furnitur di kamar tidur umumnya hanya butuh tempat tidur, bedside table / nakas, lemari baju, rak TV. Rak TV pun juga tergantung kebiasaan Anda.

4Memanfaatkan floating shelves atau rak melayang
Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan rak melayang jelas lebih efisien ruang dibandingkan dengan rak biasa. Rak biasa akan membutuhkan lebih banyak ruang di bagian bawah, sedangkan rak melayang bisa diletakkan di bagian atas dinding dan bagian bawahnya diisi dengan furnitur lain. Beberapa titik yang tepat untuk meletakkan rak melayang ini adalah di atas tempat tidur atau di atas meja belajar. Saat ini rak melayang, atau dikenal juga dengan sebutan rak dinding, tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan gaya interior kamar tidur.
5. Memasang jenis tirai yang tepat

Memilih tirai yang tepat untuk kamar tidur sempit harus diperhatikan dengan baik. Cara menghias kamar tidur yang sempit menggunakan tirai adalah selain memilih warna yang cerah, kamu harus menggantungnya dengan tepat. Gantungkanlah tirai dari sisi paling atas hingga menjuntai ke lantai meski jendelanya berukuran kecil.
Selain itu, pilih juga jenis tirai atau gorden jendela yang pas untuk ukuran kamarmu. Dengan cara menghias kamar tidur yang sempit ini bisa membuat langit-langit kamar yang rendah terlihat lebih tinggi. Bila perlu, kamu bisa memilih tirai dengan motif garis vertikal agar ilusi yang tercipta lebih sempurna.
6. Hadirkan rak penyimpanan yang menyatu dengan dinding
Rak penyimpanan yang menempel pada dinding dan ceiling kamar tidur sederhana adalah solusi ruang yang efisien untuk penambahan elemen interior esensial lainnya. Kekurangannya adalah lemari atas sulut dibersihkan, namun keuntungannya bisa sekaligus menjadi pondasi lampu tidur atau lampu baca. Tambah lukisan untuk menghadirkan warna berbeda pada kamar tidur dengan dominasi warna putih yang dapat menambah kehangatan suasana.
7. Memilih model kasur tersembunyi dengan tempat tidur lipat
Cara menghias kamar tidur yang sempit berikutnya adalah dengan menggunakan furnitur yang bisa disembunyikan, misalnya kasur. Kasur tersembunyi atau model tempat tidur lipat ini bisa dibuka ketika kamu ingin tidur atau dilipat disembunyikan ketika kamu ingin mengerjakan sesuatu di lantai. Cara menghias kamar tidur yang sempit ini terdengar menarik, ya? Tapi kamu harus menyiapkan dana lebih karena pembuatan furnitur ini cukup rumit.
8. Membangun mezzanine di dalam kamar
Mezzanine adalah sebuah ruang atau lantai tambahan yang berada di antara lantai dan langit-langit suatu ruangan dengan konsep semi terbuka. Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan membangun mezzanine ini cukup sulit karena kamu kamu harus merombak konstruksi ruangan untuk memastikan mezzanine kuat menampung beban. Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan membangun mezzanine ini memungkinkan kamu untuk memiliki area tambahan di bawah tempat tidur. Area tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai tempat kerja, tempat berdandan atau meletakkan koleksi baju.
9.Memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan
Cara menghias kamar tidur yang sempit terakhir ini harus mempertimbangkan konstruksi rumah. Cara ini terdengar sulit karena harus menanamkan tempat penyimpanan ke dalam dinding. Meski demikian, cara ini akan memberikanmu kamar tidur yang lebih luas. Jika ingin menggunakan cara ini, sebaiknya buat desain khusus sebelum konstruksi rumah dibangun.
10. Ganti fungsi lemari baju dengan standing clothes rack

Mengganti lemari baju dengan standing clothes rack di dalam kamar tidur sederhana tidak hanya berfungsi sebagai space saver, pakaian pun mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga meminimalisasi melekatnya jamur pada outfitfavorit Anda. Tambah curtain untuk ganti fungsi pintu agar bebas dari debu.

11. Meja yang simple dan compact
Jika kehadiran meja kerja dirasa terlalu membuat kamar tidur sederhana Anda sempit, hadirkan papan rak gantung yang tidak terlalu tinggi di salah satu sudut kamar. Instalasi bisa digunakan sebagai meja kerja, sekaligus tempat hiasan seperti figura. Alternatif lainnya, Anda bisa rancang bedhead anda secara custom, sehingga dapat difungsikan menjadi meja kerja.

Ukuran ideal untuk rak sekaligus meja kerja adalah 1x3 sentimeter dan pastikan materialnya kuat.

12. Ubah fungsi loteng sebagai kamar tidur 
Memang jarang orang Indonesia memiliki attic atau loteng, namun bukan berarti tidak ada. Bagi Anda yang memiliki area di lantai paling atas ini, attic bisa difungsikan sebagai guest bedroom atau kamar tidur anak.  Pemandangan luar yang asri mampu berkontribusi untuk kenyamanan tidur dan pastikan sirkulasi udaranya baik karena dekat sama matahari, pakai AC yang bisa mengisi semua ruangan dengan baik. 

13.Menggunakan cermin supaya kamar terlihat lebih luas
Cara menghias kamar tidur yang sempit berikutnya adalah menggunakan cermin. Penggunaan cermin bisa menciptakan ilusi mata dan kamar tidur sempit terlihat lebih luas. Cara yang satu ini bisa dibilang sangat mudah karena cermin ada banyak dijual di pasaran dalam berbagai bentuk dan ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, bahkan dijual secara online seperti di dekoruma.
Cara menghias kamar tidur yang sempit menggunakan cermin bisa diterapkan dalam berbagai bentuk. Cermin dengan bingkai berukuran besar akan cantik digantungkan di atas tempat tidur dan digunakan sebagai pengganti headboard. Pastikan cermin ini digantung dengan benar agar tidak mudah jatuh dan melukaimu saat tidur nanti.

Salam,

Ruang Wanita

4 comments:

  1. Min,tolong buatin untuk dekorasi kosan/kamar kontrakan dong yang sederhana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. next time ya untuk requestnya, pokoknya pantengin aja Dapur Sarjana nya :)

      Delete