Breaking News

Selebriti yang Sering Hadapi Body Shaming



Body shaming tidak pandang bulu, mereka yang gemuk atau kurus bisa mengalaminya

“Ih gendut banget sih!” atau “Kurus banget kaya tengkorak” adalah salah satu bentuk hinaan atau body shaming yang sering dilontarkan seseorang pada orang lainnya. Body shaming adalah aksi yang dilakukan seseorang ketika mengomentari kekurangan fisik orang lain.

Di saat banyak merek atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) berkampanye soal cara mencintai diri sendiri, nyatanya masih banyak orang secara sadar atau tidak justru sering menghina orang lain karena bentuk badannya.

Pandangan bahwa cantik atau tampan adalah mereka yang bertubuh langsing atau kurus, rambut hitam lurus, kulit putih, masih terus menempel di pikiran tiap orang. Seakan-akan bila kita memiliki bentuk tubuh tidak seperti itu, adalah dosa besar. 

Body shaming tidak hanya terjadi pada orang biasa, tetapi juga sering dialami oleh para selebriti. Berikut ini ada 5 selebriti yang menjadi langganan bully karena bentuk badannya. Tidak hanya yang gemuk, tapi ada juga yang bentuk badan kurus!

1. AUDY ITEM
(Foto: instagram.com/audyitem)


Penyanyi bernama lengkap Paula Allodya Item ini menjadi selebriti pertama yang sering menerima bully karena bentuk badannya yang besar. Banyak masyarakat bahkan menilai kalau Audy tidak pantas menjadi istri dari aktor internasional Iko Uwais. Tetapi bermodal hati yang besar, Audy memilih cuek ketika ada yang menghina bentuk tubuhnya.

Dalam sebuah kesempatan, Iko sebagai suami bahkan pernah membela sang istri secara terang-terangan. Iko mengungkapkan, baginya perempuan dengan hati yang baik jauh lebih penting dari sekadar fisik. “Mau langsing, mau gemuk, yang penting hatinya baik atau tidak,” tuturnya.


2. DEMI LOVATO
(Foto: instagram.com/ddlovato)


Sama seperti Audy, penyanyi Demi Lovato juga sering menerima bully akibat bentuk tubuhnya yang gemuk. Pada ajang penghargaan American Music Awards 2017 lalu, Lovato didaulat sebagai salah satu pengisi acara. 

Saat ia membawakan lagu andalannya yakni “Sorry Not Sorry”, perempuan berusia 26 tahun ini  menampilkan banyak kicauan masyarakat yang menghina bentuk badannya. Pesan yang ingin ia tunjukkan adalah, kini tidak lagi peduli dengan penilaian orang.

Ia akan berusaha untuk mencintai dirinya sendiri dengan apa adanya. Meskipun kemudian ia ditemukan tidak sadarkan diri karena mengonsumsi obat-obatan, tetapi hal ini membuktikan bahwa hinaan tidak hanya sekadar kalimat bagi si penerima. Tapi bisa melukai hati sekaligus merusak mentalnya.


3. GRACIA INDRI
(Foto: instagram.com/graciaz14)

Aktris sekaligus presenter Gracia Indri juga menjadi salah satu korban bully karena bentuk badannya. Ya, Indri (sapaan akrab) memang merupakan selebriti yang bentuk tubuhnya sering berubah.Pada awal debutnya ia memiliki tubuh ramping, kemudian seiring berjalannya waktu tubuhnya mulai berisi. Bully atau hinaan dari orang akhirnya tidak terhindari.

Merasa tidak sehat, Indri akhirnya menjalani diet dan olahraga ketat. Kini tubuhnya sudah kembali kurus dan langsing, cantik sekali. Tetapi mengejutkannya, hinaan masyarakat tidak berhenti. Banyak orang menilai wajah Indri menjadi tua, kempot, seperti nenek-nenek. Well, gemuk salah, kurus salah. What should she do, people?


4. NAGITA SLAVINA
(Foto: instagram.com/raffinagita1717)


Selebriti berikutnya yang juga tidak luput dari body shamming adalah Nagita Slavina. Istri presenter dan pengusaha Raffi Ahmad ini memang terkenal chubby, bahkan sejak masih aktif menjadi aktris. Sejak menikah dengan Raffi, kehidupan Nagita memang selalu jadi konsumsi publik.

Selain barang-barang mewah yang ia pakai, bentuk tubuhnya juga menjadi topik perbincangan. “Gendut banget si Gigi (panggilan akrab Nagita Slavina), pantes aja Raffi centil ke perempuan lain,” ujar salah satu netizen di kolom komentar Instagram @raffinagita17. 

Netizen lain yang merupakan penggemar membalas, “Mbak Gigi gemuk tapi tetap cantik, karena hatinya baik,” ungkapnya.


5. RUBY ROSE
(Foto: instagram.com/rubyrose)


Sama seperti Gracia Indri, aktris Ruby Rose yang bertubuh kurus juga menerima body shaming dari beberapa orang. “Terlalu kurus, ia perlu makan burger,” ujar salah satu orang di kolom komentar Instagram Rose. Kemudian bintang film The Meg ini membalas:

Body shaming SHITS me. Aku membencinya karena takut membuat penggemar khawatir atau justru membuat mereka malu. Aku membencinya karena tidak masuk logika dan dasarnya  pendapat itu hanya berdasar pada pengalaman dan ekspektasi mereka terhadap orang lain,” ujarnya.

6. TASYA KAMILA

instagram.com/tasyakamila/
Pasca menikah, Tasya Kamila mendapat komentar kurang mengenakkan dari beberapa netizen yang menyebutnya 'gendut'.


7. PRILLY LATUCONSINA

instagram.com/prillylatuconsina96/

"Setiap manusia itu punya tipe beda. Ada yang dari lahir kurus, curvy, dan berisi. Kita gak bisa paksakan orang untuk berpenampilan sama karena massive beauty standard," curhat Prillly saat ada yang mengomentari bentuk tubuhnya.

8. SABRINA CHAIRUNNISA

/Instagram.com/sabrinachairunnisa_/
Punya tubuh kurus gak selamanya dipuji, justru kekasih Deddy Corbuzier ini sering dapat body shaming 'kerempeng' oleh netizen

4 comments: