Breaking News

8 Produk Kecantikan yang Selama Ini dipakai dengan Cara yang Salah


Buat kalian para cewek gengs yang suka pakai berbagai macam beauty products, coba merapat dulu sini jangan jauh-jauh. Ada hal penting banget yang harus lo ketahui nih dari Dapur Sarjana. Ternyata sebagian besar orang menggunakan produk kecantikan ini dengan cara yang salah. Coba cek apakah lo udah benar dalam pemakaiannya atau justru salah juga? Biar nggak keterusan salahnya dan buat memastikan, ada baiknya lo baca baik-baik sampai selesai.

1.Pakai wipes/tisu basah untuk hapus make up setiap hari.

Kalian boleh aja sih pakai wipes/tisu basah buat membersihkan make up di wajah tapi nggak tiap hari juga loh. Soalnya wipes terbuat dari bahan yang kasar dan bisa menyebabkan kulit lo kering, iritasi, atau bahkan bisa luka. Lo cuma boleh memakainya saat lo nggak punya air atau cleanser yang bagus ya gengs.

2. Cuma pakai serum doang tanpa krim.

Serum harusnya dipakai sebelum kalian pakai krim pelembab, pokoknya dipake awal banget sebelum kalian makeup. Lebih baik juga dipakai saat malam hari supaya diserap dengan lebih baik oleh kulit. Nah, kalo kalian mau hasil maksimal kalian harus pakai serum plus krim. Nggak boleh cuma pakai serum doang karena hasilnya pasti jauh dari kata optimal.

3. Pakai sponges yang kering setelah pakai foundation.

Kalo kalian pakai sponge terutama beauty blender, kalian pasti biasanya pake sponges yang keringkan tanpa dibasahi dengan air, nah harusnya kalian membasahinya dulu. Kalo kalian pakai dalam keadaan kering maka mereka akan 'memakan' lebih banyak produk yang dibutuhkan. Bahkan, hasilnya pun jadi nggak rata.

4.Tidak bisa membedakan kegunaan concealer dan corrector.

Banyak orang nggak bisa ngebedain kegunaan utama dan cara pakai kedua produk tersebut. Inget yah, concealer itu dipakai untuk area di sekitar mata dan corrector dipakai buat menyembunyikan bekas jerawat atau noda hitam lainnya yang pengen kalian tutupi.

5.Pakai masker selama semalam suntuk dan membersihkannya saat udah kering.

Jangan sampai kalian pakai masker selama semalam suntuk kecuali di petunjuk pemakaian ada aturan itu. Dulu mimin sebelum tau informasi ini, mimin sering banget nih ngelakuin hal seperti itu, pakai masker sampe kering kerontang. Kalo kalian maksain diri karena kalian males banget, kulit kalian pasti bakal ngalamin masalah. Masker wajah harusnya dibersihkan sebelum kering banget. Kalo kalian membiarkannya kering, kulit kalian jadi ikutan kering.

6. Kesalahan dalam mencuci wajah

Membersihkan wajah menjadi salah satu ritual perawatan yang paling dasar. Ini sebenarnya hal yang sangat sederhana, tapi harus dilakukan secara benar. Selama ini banyak orang yang mencuci wajah dengan cara yang salah. Kesalahan ini bisa berdampak buruk bagi kulit wajah, dari kulit kering sampai iritasi.  Berikut beberapa kesalahan dalam mencuci wajah:
  • Mencuci hingga kesat
     Kulit kesat setelah mencuci wajah adalah pertanda bahwa kita tidak hanya membersihkan wajah dari makeup, kotoran, dan debu, melainkan juga menghilangkan lipid barrier alias lapisan terluar kulit yang terdiri dari lipid. fungsi lipid barrier adalah melumas serta melindungi kulit dari faktor eksternal seperti debu, kotoran, bakteri, dan sebagainya. 
  • Menggosok terlalu kuat
     Membersihkan wajah dengan cara menggosok kulit sekuat tenaga bisa memicu iritasi kulit. “Ingin lebih maksimal? Gosok wajah dengan teknik putaran ke atas, mengikuti aliran kelenjar getah bening. Teknik putaran ke atas ini membuat wajah lebih kencang dan tidak mudah kendur,” kata Anesia berbagi kiat.
  • Double cleansing
    Double cleansing adalah teknik membersihkan wajah secara ganda yang tengah digemari, karena dianggap dapat mengangkat semua sisa makeup bahkan kotoran dengan sempurna. Namun Anesia memaparkan, double cleansing tidak harus diterapkan setiap membersihkan wajah. "Kalau Anda ingin membersihkan wajah ber-makeup atau berminyak dan kotor, cocok menerapkan teknik double cleansing. Namun kalau Anda misalnya seharian di rumah saja dan tidak memakai makeup, maka single cleansing dengan facial foam saja cukup karena tidak banyak faktor eksternal (debu, riasan) yang menempel di kulit,” Anesia menjelaskan.
  • Mengeringkan wajah dengan handuk kasar
      Mengelap wajah setelah mencuci wajah juga tak boleh sembarangan, lo! Anesia menegaskan, jangan menggunakan handuk orang lain atau handuk tubuh untuk mengelap wajah karena bisa menyebabkan iritasi. Keringkan wajah dengan tisu atau handuk khusus untuk wajah yang lembut.

7.Jangan Gunakan Krim Pada Bagian Bawah Mata

Memang, produk kecantikan jaman sekarang cenderung lebih mengutamakan kesehatan kulit dan memakai bahan-bahan alami sehingga lebih aman untuk dipakai. Namun, banyak orang yang belum benar-benar menggunakannya dengan benar. Sebagai contoh, ada produk krim mata yang biasanya digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan yang ada di sekitar mata layaknya keriput. Sayangnya, banyak wanita yang menggunakannya dengan salah, yakni dengan cara menggosoknya di bagian bawah mata. Alih-alih membuat tampilan sekitar mata menjadi lebih baik, kita justru akan mengalami masalah mata bengkak.

8. 5 Kesalahan Saat Pakai Sheet Mask, Bisa Jadi Gagal Glowing

Sheet maks, masker kecantikan Korea yang mendunia ini memang sangat mudah digunakan. Masker tisu tersebut cukup ditempelkan di wajah dan didiamkan beberapa saat, kemudian kamu bisa langsung merasakan manfaatnya. Seketika kulit bisa terasa lembab dan jika rajin menggunakannya maka membuat wajah jadi lebih glowing dan flawless. Tapi jika salah dalam menggunakan sheet mask, maka bisa jadi gagal glowing.
  • Kulit Belum Bersih
  • Menggunakan Moisturiezer Sebelum Sheet Mask , Menggunakan moistureizer sebelum masker adalah cara pakai sheet mask      yang salah. Kamu tidak butuh moisturizer sebelum pakai sheet mask. Pakailah moisturizer setelah pakai sheet mask untuk mengunci kelembaban. 
  • Mendiamkan Sheet Mask Terlalu Lama , Kalau kamu pikir bahwa semakin lama pakai sheet mask semakin baik, maka kamu salah. Faktanya, pakai sheet mask terlalu lama bisa memperburuk kondisi kulit. "Jika sheet mask terlalu kering, maka kelembapan yang ada di kulit bisa terserap ke tisu. Pastikan lepas masker saat tisunya masih lembab dengan essence," ujar salah satu ahli kecantikan dari brand Miss Spa. 
  • Mencuci Wajah Setelah Pakai Sheet Mask , Sejumlah orang tak nyaman dengan essence yang terlalu basah menempel di wajah setelah pakai sheet mask. Tapi, justru itu bahan-bahan terbaik yang akan diserap kulit. Jangan mencuci wajah setelah pakai sheet mask. Jika kamu mencuci wajah, maka kamu akan membuang bahan-bahan terbaik untuk melembabkan kulit. 
  • Tidak Memanfaatkan Kelebihan Essence di Sheet Mask , Setelah mendiamkan sheet mask selama 10 hingga 15 menit, sisa-sisa essence masih cukup banyak. Jangan langsung membuangnya. Kamu bisa memeras essence dan pulaskan di bagian leher hingga dada. 

Sekian beberapa informasi tentang produk kecantikan yang selama ini dipakai dengan cara yang salah bagi para kaum hawa, semoga bermanfaat ya gengs, dan jangan lupa untuk selalu kunjungi blog Dapur Sarjana ya gengs tunggu info-info yang menarik selanjutnya.


Salam,

Ruang Wanita

No comments